Maaf Kalau Kontennya Gado-gado :v

Responsive Ads Here

Selasa, 12 Desember 2017

Algoritma Pemrogaman




Oke kawan kali ini kita akan membahas tentang ALGORITMA PEMROGAMAN. Yuk langsung saja..
 Ø  PENGERTIAN
Menurut Donal E.Knuth(1973) Algoritma adalah sekumpulan aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus. Sedangkan menurut Thomas H.Cormen(2009) Algoritma adlah prosedur komputasi yang mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai sebagai input kemudian diproses sebagai output, sehingga algoritma merupakan langkah komputasi yang mengubah input menjadi output.
Kesimpulannya adalah algoritma merupakan urutan atau langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah yang disusun secara logis dan sistematis dengan tujuan agar menjadi solusi paling efektif dari suatu masalah.
   Ø  KOMPONEN MERANCANG ALGORITMA
Ø  KOMPONEN MASUKAN (Input)
Terdiri dari pemilihan variabel, tipe variabel, konstanta dan parameter (dalam fungsi).
Ø  KOMPONEN KELUARAN (Output)
Komponen ini merupakan yang paling penting karena tujuan dari perancangan algoritma dari program. Permasalahan yang diselesaikan dalam algoritma dan program harus ditampilkan dalam komponen keluaran.
Ø  KOMPONEN PROSES (Processing)
Komponen ini merupakan bagian utama dan terpenting dalam sebuah algoritma. Pada bagian ini terdapat logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantik), rumusan, metode(rekursi, perbandingan, penggabungan, penguran dll).
                Saat menyusun algoritma yang harus diperhatikan  adalah :
1.       Dapat ditulis dengan bahasa manapun, asalkan mudah dimengerti
2.       Tidak terdapat aturan baku dalam penulisan algoritma
3.       Komponen atau notasi algoritma bukan termasuk bahasa pemrogaman
4.       Algoritma mempunyai fungsi untuk mengubah solusi  pemecahan suatu masalah ke bahasa pemrograman
5.       Untuk membuat suatu program, maka algoritma harus diubah terlebih dahulu menjadi bahasa pemrogaman agar dimengerti oleh komputer.
Ø STRUKTUR ALGORITMA
1.       Bagian Kepala
Bagian kepala ini berisi tentang judul dan penjelasan tentang algoritma itu sendiri. Judulharus singkat tapi mencakup apa yang akan dijabarkan dalam algoritma.  Contoh :
-  Algoritma Welcome ( algoritma untuk menampilkan teks “Welcome”)
-  Algoritma BiLangan Ganjil (Algoritma unutk menampilkan bilangan ganjil)
2.       Bagian Deklarasi
Bagian deklarasi merupakan bagian yang digunakan untuk menampilkan semua kebutuhan yang diperlukan dalam algoritma. Contoh :
- Deklarasi a:real
  “a” merupakan nama variabel
  “real” merupakan tipe data
- Deklarasi teks:string
  "teks" sebuah nama peubah
  "string" merupakan tipe data
- Deklarasi nama:string, alamat:character
 "nama", "alamat" merupakan variabel
 "string", "character" merupakan tipe data
- Deklarasi x:boolean
  "x" merupakan variabel
  "boolean" merupakan tipe data 
                          3.     Bagian Algoritma
Bagian ini merupakan inti dari algoritma karena berisi langkah-langkah proses dari penyelesaian masalah dalam algoritma. Berikut adalah contoh dari penulisan algoritma menggunakan pseucode :
a.       Algoritma x <- 100
                  Write(a)
Maksud dari algoritma diatas adalah memberikan nilai “100” ke dalam “x” kemudian menampilkan nilai dari “x”.
b.      Algoritma teks <- ‘Belajar Algoritma’
                     Write(teks)
Maksud dari algoritma diatas adalah memberikan nilai ‘Belajar Algoritma’ kedalam “teks” kemudian menampilkan nilai dari “teks”.
c.      Algoritma a <- 10
                    B <- 5
                    Hasil <- a-b
                    Write(hasil)
Maksud dari algoritma diatas adalah memberikan nilai “10” kedalam “a” dan nilai “5” kedalam “b” dan juga memberikan nilai kepada “Hasil” yaitu operasi “a-b” kemudian menampilkan nilai dari “hasil”. Hasilnya adalah a-b atau 10-5 dengan menampilkan angka 5 sebagai hasil dari pengurangan 10-5.

 Ya itulah penjelasan sedikit tentang ALGORITMA PEMROGAMAN. Komentar ya jika ada kesalahan, saya juga masih belajar hehehe.... Semoga membantu 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar