Oke kawan kali ini kita akan membahas tentang ALGORITMA PEMROGAMAN. Yuk langsung saja..
Ø
PENGERTIAN
Menurut Donal
E.Knuth(1973) Algoritma adalah sekumpulan aturan berhingga yang memberikan
sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.
Sedangkan menurut Thomas H.Cormen(2009) Algoritma adlah prosedur komputasi yang
mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai sebagai input kemudian diproses
sebagai output, sehingga algoritma merupakan langkah komputasi yang mengubah
input menjadi output.
Kesimpulannya
adalah algoritma merupakan urutan atau langkah-langkah dari penyelesaian suatu
masalah yang disusun secara logis dan sistematis dengan tujuan agar menjadi
solusi paling efektif dari suatu masalah.
Ø
KOMPONEN
MERANCANG ALGORITMA
Ø
KOMPONEN MASUKAN (Input)
Terdiri dari pemilihan variabel, tipe variabel, konstanta dan parameter
(dalam fungsi).
Ø
KOMPONEN KELUARAN (Output)
Komponen ini merupakan yang paling penting karena tujuan dari perancangan
algoritma dari program. Permasalahan yang diselesaikan dalam algoritma dan
program harus ditampilkan dalam komponen keluaran.
Ø
KOMPONEN PROSES (Processing)
Komponen
ini merupakan bagian utama dan terpenting dalam sebuah algoritma. Pada bagian
ini terdapat logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantik),
rumusan, metode(rekursi, perbandingan, penggabungan, penguran dll).
Saat
menyusun algoritma yang harus diperhatikan adalah :
1.
Dapat ditulis dengan bahasa manapun, asalkan
mudah dimengerti
2.
Tidak terdapat aturan baku dalam penulisan
algoritma
3.
Komponen atau notasi algoritma bukan termasuk
bahasa pemrogaman
4.
Algoritma mempunyai fungsi untuk mengubah
solusi pemecahan suatu masalah ke bahasa
pemrograman
5.
Untuk membuat suatu program, maka algoritma
harus diubah terlebih dahulu menjadi bahasa pemrogaman agar dimengerti oleh
komputer.
Ø
STRUKTUR
ALGORITMA
1.
Bagian Kepala
Bagian kepala ini berisi tentang judul dan penjelasan tentang algoritma
itu sendiri. Judulharus singkat tapi mencakup apa yang akan dijabarkan dalam
algoritma. Contoh :
- Algoritma Welcome ( algoritma
untuk menampilkan teks “Welcome”)
- Algoritma BiLangan Ganjil
(Algoritma unutk menampilkan bilangan ganjil)
2.
Bagian Deklarasi
Bagian deklarasi merupakan bagian yang digunakan untuk menampilkan semua
kebutuhan yang diperlukan dalam algoritma. Contoh :
- Deklarasi a:real
“a” merupakan nama variabel
“real” merupakan tipe data
- Deklarasi teks:string
"teks" sebuah nama peubah
"string" merupakan tipe data
- Deklarasi nama:string, alamat:character
"nama", "alamat" merupakan variabel
"string", "character" merupakan tipe data
- Deklarasi x:boolean
"x" merupakan variabel
"boolean" merupakan tipe data
Bagian ini merupakan inti dari algoritma karena berisi langkah-langkah
proses dari penyelesaian masalah dalam algoritma. Berikut adalah contoh dari penulisan algoritma menggunakan pseucode :
a.
Algoritma x <- 100
Write(a)
Maksud dari algoritma diatas adalah memberikan nilai “100” ke dalam “x”
kemudian menampilkan nilai dari “x”.
b.
Algoritma teks <- ‘Belajar Algoritma’
Write(teks)
Maksud
dari algoritma diatas adalah memberikan nilai ‘Belajar Algoritma’ kedalam “teks”
kemudian menampilkan nilai dari “teks”.
c. Algoritma a <- 10
B <- 5
Hasil <- a-b
Write(hasil)
Maksud dari algoritma diatas adalah memberikan nilai “10” kedalam “a” dan
nilai “5” kedalam “b” dan juga memberikan nilai kepada “Hasil” yaitu operasi “a-b”
kemudian menampilkan nilai dari “hasil”. Hasilnya adalah a-b atau 10-5 dengan
menampilkan angka 5 sebagai hasil dari pengurangan 10-5.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar