Maaf Kalau Kontennya Gado-gado :v

Responsive Ads Here

Kamis, 19 Januari 2017

Beep Code pada Bios Komputer


Assalamualaikum Kawan.. Ketemu lagi sama orang yang kuker (saya). Disibni saya akan memberikan sedikit penjelasan dari beep code bios. Semoga bermanfaat ya kawan.. See you next POST :*

  • Pengertian beep code bios

       
         Beep code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh bios komputer yang disebut POST.Power-on self-test (POST) adalah tes yang di lakukan oleh bios komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persaratan minimum sistem sebelum memulai sisa proses booting.
Jika komputer berhasil melakukan POST akan mengeluarkan suara beep tunggal (beberapa produsen komputer BIOS mungkin berbunyi beep dua kali) sebagai tanda komputer mulai menyala dengan normal. Namun, jika komputer gagal melakukan POST, komputer tidak berbunyi beep sama sekali atau menghasilkan bunyi kode beep.Setiap Komputer memiliki tampilan POST BIOS yang berbeda , tergantung jenis BIOS yang digunakan pada motherboard. Kadang POST BIOS ini tidak muncul di layar, tetapi diganti logo merek komputer.

  • Jenis Beep Code Bios dan Artinya
        Bunyi beep code pada setiap komputer berbeda-beda tergantung pabrikan komputer dan jenis bios yang dipakai,produsen bios secara umum ada 4 produsen yaitu AMI BIOS,AWARD BIOS,PHONIX BIOS serta MAC BIOS untuk komputer pruduksi Apple yang mengunakan sistem operasi macintosh.Berikut ini beberapa tabel beep code dari masing masing produsen bios dan arti dari beep code tersebut untuk memudahkan komponen mana dari komputer yang harus di cek.

1. AMI bios beep code – Berikut adalah kode Beep AMI BIOS yang dapat terjadi. Namun, karena berbagai produsen komputer yang berbeda mengunakan BIOS ini, beep code mungkin bervariasi.

2. AWARD bios beep code Berikut adalah kode Beep AWARD BIOS yang dapat terjadi. Namun, karena berbagai produsen komputer yang berbeda mengunakan BIOS ini, beep code mungkin  bervariasi.

3. IBM bios beep kode Dibawah ini merupakan tabel beep code ibm bios yang dapat terjadi.Namun, karena banyaknya model yang diproduksi mengunakan bios ini, beep code mungkin bervariasi

4. Phoenix bios beep kode – Dibawah ini merupakan tabel beep code Phoenix bios versi Q3.07 atau 4.x 
Rangkuman.

       Sistem operasi (operating system atau OS) adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan komputer. Sistem Operasi yang umum digunakan oleh personal komputer meliputi tiga kelompok besar yaitu keluarga microsoft windows, keluarga unix dan keluarga Mac OS. Perkembangan sistem komputer secara umum di kelompokkan dalam lima generasi yaitu generasi awal (1945 – 1955), generasi kedua (1955-1965), generasi ketiga (1965 -1980), generasi keempat (1980-200an ) dan generasi selanjutnya.Jenis-jenis sistem operasi windows adalah MS dos, windows 1.x – 3.x, windows 95, windows 98, Windows ME, NT, 2000, Server 2000, server 2008, windows
XP,windows Vista,windows 7, windows 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar